CERPEN - Cinta Di Nagari Pariangan | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita CERPEN - Cinta Di Nagari Pariangan - Cerita Hidup Kita

CERPEN - Cinta Di Nagari Pariangan

CERPEN - Cinta Di Nagari Pariangan

Nagari Pariangan

Banyak hal di dunia nyata ini yang membuat kita bingung akan kehidupan.... gw aryo satu dari 11 bersaudara dari tanah minang kehidupan gw berawal dari sebuah desa terpencil di nagari pariangan, tanah datar sumatera barat. Mungkin nama desa ini gak terlalu populer buat kalian.... hmmm... tapi populer buat turis turis mancanegara, jangan salah bro... desa gw pernah di nobatkan jadi desa terbaik di dunia tahun 2012 lalu. Desa ini indah ngangenin dan banyak hal yang buat kalian cinta sama tanah minang ini.... dari kebudayaannya... keramahannya serta manusianya yang cantik dan ganteng hehehehe.... 

Okeh hidup gw sederhana namanya juga tinggal di desa tapi kesederhanaan hidup kita tidak dipungkiri kita cukup terkenal di desa kami... karena cuma keluarga kami aja yang mempunyai banyak keturunan, kalian bayangin aja keluarga bokap nyokap gw punya 11 anak termasuk gw mungkin cita cita bokap gw dulu mau bikin tim demosntrasi kali yak... di desa gw memang dikit cewe nya tapi cantik cantik... jadi klo berdasarkan rumus matematika... kemungkinan gw dapet pacar itu 0,01%. Maka dari itu gw lebih nyari turis buat jadi pacar gw, tapi gw gak mau bule mau yang lokal lokal aja lah.... karena yang lokal itu buat geregetan bikin ser ser hati gw...

Pekerjaan gw dan 4 orang adik gw adalah tour guide di sebuah travel agen terkenal di jakarta yang mempunyai cabang di sumatera barat. Suatu ketika gw dapet turis asing dari maroco bro.... dia cantik banget wajah ke indo an lah... menarik lucu cantik... yg pasti hal pertama yg gw tanya dari turis lo single gak sist..... hahahaha.... klo single sikat blayyyy....

Hal yang gw kerjakan di hari pertama gw ajak turis gw ke tempat wisata benteng peninggalan belanda dan dan lembah anai... lembah anai ini banyak di cari para wisatawan asing dan lokal karena tempatnya yang indah dengan pemandangan air terjun yang berada di sisi jalan raya. Indah memang banyak pemandangan mengasikkan jika kita lihat di sekeliling tempat ini.

Cewek ini bernama amina dimana dalam bahasa maroco artinya damai... sama ketika aku melihat wajah dia damai rasanya.. dia mengikuti program tour selama 10 hari banyak hal yang gw kerjakan sama dia.... dia menyenangkan dan gak menganggap aku sebagai tour guide melainkan sebagai teman biasa. Kecantikan cewe maroco ini membuat orang orang terpesona apalagi temen temen se-profesi ku selalu iri kenapa gw selalu mendapatkan cewe cantik dan jarang sekali dapet turis cowo...

Hmmmm.... gw sebenernya gak memilih milih sih turis mana yang di kasih sama bos mau cowo mau cewe gw cuma niat bantu keluarga gw maklum keluarga gw gak kaya di desa tersebut. Banyak loh temen temen gw yang banhkan orang kaya dan mampu jadi tour guide untuk mencari jodoh. hari ke hari gw jalanin pekerjaan gw sebagai tour guide menemani amina. Sempet suatu ketika gw tembak amina gw nyatain perasaan gw sama amina di hari terakhir gw menemani dia sebagai tour guide, hmmm.... ternyata gw di tolak loh... dia bilang dia dah anggep gw sebagai teman dan hanya mau sama laki laki lokal negaranya. So... kita tetap berteman aja. Gw terima aja sih maklum lah jarak yang jauh agak susah menjalankan hubungan... gw jg sadar gw kan orang gak mampu gak mungkin kan.

Cubadak Padang

Hari demi hari, bulan demi bulan pun berlalu, kukerjakan semua pekerjaan ku dengan enjoy dan sampai akhirnya aku bertemu dengan perempuan turis lokal asal jakarta. Hmmmm cewek yang cantik style penuh gaya serasa orang kaya sombong lagi dia ngambil paket tour 15 hari untuk di kota padang ini.... lumayan lah dari 15 hari tour aku bisa mendapatkan upah bonus dari kantor sampai 15 juta rupiah loh... tapi memang batin sih kemana mana serasa hati ini tersenyum dalam derita. Dia pergi tour berdua saja dia dan temannya. Cewe ini bernama lisa dan temannya bernama arum hmmm... ketika pertama bertemu di bandara aja si lisa ini sungguh sombong sekali... dengan memerintah segala hal kita dianggap seperti pembantu aja.

Lisa berkata "hay kamu yg dari travel yah... bawakan barang barang gw ke mobil yah...jangan pake lama gw cape mau istirahat".... dan sesampainya di hotel pun juga sama kenapa travel ini memasan kamar hotel yang aneh seperti ini... hmmm... gw pun menjawab iya mba... ini kamar hotel paling bagus dan terbaik di kota padang. Klo mba berkenan saya ajukan pindah kekantor pusat untuk rekomendasi hotel lain. Dan lisa pun bilang ya udah cepet pindah cari yang bagus bukan kayak kamar bebek begini.... arum pun memotong pembicaraan dah lisa ini aja gw cape lis... gw mau istirahat dulu besok tour kita banyak ini dah bagus kok. Lisa pun akhirnya menuruti arum...

Hmmm dengan penuh kesal dan ngedumel dalam hati gw pulang untuk mempersiapkan tour mereka esok hari. Hari pun tiba untuk menemani lisa dan arum untuk mengelilingi wisata kota padang. Banyak hal dan cerita mengesalkan di setiap perjalanan kita.... entah hal itu di marahin... di jutekin, bahkan tanpa senyum sedikit pun terhadap gw.

Saat itu arum mulai mencoba mendekat pada gw karena mulai merasa gak enak yah... ngeliat tingkah laku dan perbuatan lisa sama gw... mulai lah gw coba bercanda dengan arum dalam perjalanan kita menuju beberapa tempat wisata. Tiap saat kita bercanda ria sampai akhir tour kita di hari pertama. Hari pertama tour telah selesai lisa dan arum pun istirahat di tempat penginapan mereka... hm arum dan gw pun tetap meneruskan obrolan lewat chat, kita sempat bertukaran kontak saat di perjalanan tadi.

Dengan akrab kita bercanda di chat membuat arum ketawa dan senyum sendiri di kamar hotel hingga suatu saat arum di tegur lisa... rum lo ngapain ketawa sendiri tumben lo chatingan... kan lo gak punya pacar, emank ada yang mau sama lo sambil ketawa kecil dan mengejek si arum... arum pun bilang ke lisa gw lagi chat sama aryo.... lisa bilang aryo mana.... hmmm.... arum bilang itu loh aryo yang tadi jadi tour guide kita... cakep orangnya baik lagi... lisa pun menjawab ngapain lo suka sama orang kayak gitu kerja gak jelas tuh mending lo gw cariin temen temen di jakarta banyak temen temen gw yang keren rum...

Arum pun menjawab lisa.... lisa si aryo ini emank gak setara harta nya sama kita... tapi dia tulus.... dia berteman tulus, bercanda dan tersenyum pun tulus sama kita gak memaksa sama sekali loh kamu gak perhatikan hal itu lis.... banyak teman teman kita di jakarta pun senyum ketawa mereka terpaksa loh karena ingin mengimbangi pergaulan kita. Gw sih sekarang berfikir realistis aja lis... berteman bahkan klo bisa nyari pacar yang tulus gak melakukan hal hal berlebihan kayak temen temen lo dan gw di jakarta.

Beberapa hari pun berlalu, Hampir tiap malam selama di kota lembah anai ini lisa dan arum memperdepatkan hal yang sama mengenai konsep pertemanan dan cinta, suatu ketika dihari ke 10 tour kita mulai dipagi hari kita berjalan menuju salah satu tempat wisata terbaik di kota ini yaitu tempat telusur gua dan panjat tebing ngalau pangian. Disitu lah lisa dan arum gw ajak masuk kedalam gua yang dimana terdapat banyak stalakmit dan stalakit indah serta di warnai dengan aliran arus sungai kecil di dalam nya... tempat ini tempat indah buat beberapa temen teman pencita alam.

Hingga akhirnya kedekatan antara gw dan lisa mulai terjalin lisa pun mulai membuka diri memperkenalkan diri nya bahkan dari pengucapan pun berubah dari panggilan gw beralih ke kamu/ aku hmmmm....begitu jg dengan gw ...semua panggilan itu berubah. Jujur dalam hati lisa ini cewe yang cantik cerdas dan kaya semua waktu nyandi habiskan untuk kerja dan uang.... sampai suatu ketika kami bertiga menghabiskan waktu di gua tersebut dengan canda dan keseruan gua ngalau pangian. Disitulah kemudian lisa bertanya dimana tempat terbaik yang ada di kota mu ini saya mau kesana.

Hmmmm.... tempat ini gak berada dalam paket tour mereka, karena mereka memilih tour outbound so... pake tour nya ku ajak ke beberapa tempat yang sekiranya berhubungan dengan outbound. Setelah sampai di hotel pun lisa bilang ke aku, aryo... aku mau kamu cari tempat terbaik di kota kamu ini... nanti biaya tour nya aku tambah ke kantor pusat mu. Lalu aku bilang ke lisa dan arum... gak perlu di tambah biayanya besok aku akan ajak kalian ke tempat terbaik di kota ini. Lisa menjawab.. baiklah aku tunggu besok jam 6 pagi untuk start tour kita.

Di hotel itu pun mereka berdua istirahat.... arum pun bertanya kepada lisa... kenapa kamu bisa berubah gitu tumben banget lis... hmmmm.... lisa menjawab kan gw ngikutin kemauan lo rum... bertindak sewajarnya kan.... gw coba kok akan hal itu. Hmmm oke lah lis.... kita istirahat dulu mungkin besok perjalanan yang menyenangkan buat kita.

Pagi hari pun tiba aku dah standby di hotel untuk menjemput lisa dan arum.... agak terlambat sih mereka bangun sekitar jam 6.30 pagi... mungkin kelelahan seharian outbond kemarin. Sebangunya mereka langsung kita bergegas ke tempat yang akan kita tuju.... dalam perjalanan mereka berdua menanyakan mau kemana kita kenapa jauh sekali... kamu mau culik saya yah. Dengan nada tertawa kecil aku hanya senyum aja... hampir 1 jam lebih menempuh perjalanan dengan penuh wawas mereka selalu menanyakan hal yang sama... mau kemana kita kenapa gak kasih tau tujuannya...

Rumah Gadang

Hmmmm.... akhirnya perjalanan pun tiba... aku mulai mengajak mereka berjalan kaki menuju tempat itu bagi mereka perjalanan ini jauh sekali sampai mereka kelelahan... tapi semua terbayar dengan segala keindahan panorama ngarai pariangan... ini lah desa dan tempat kelahiranku lisa dan arum dengan penuh pesona lisa dan arum kaget akan keindahan desa ini sawah yang hijau... tebing tebing yang alami serta semua keindahan yang tuhan ciptakan untuk desa ini terpancar di mata mereka. Kita pun menghabiskan waktu bersama di desa saya... pada sampai saat itu lisa pun bertanya aryo... kamu lahir di desa ini, apakah rumah kamu di sini, aku pun menjawab iya lisa ini desaku tempat lahir ku tempat ku beranjak dewasa dan tempatku mengisi hari hari selama ini.

Lisa pun bertanya apakah kami boleh berkunjung kerumah mu.... dengan kaget aku menjawab kenapa harus ketumah ku lisa aku hanya berniat mengajak mu ketempat yang terindah di kota ini.... debat pun dilakukan antara kami bertiga dan akhirnya aku mengalah... hmmmm.... baiklah kalu kalian mau mampir kerumah ku... tapi jangan kaget yah melihat rumah ku mungkin gak sebesar rumah kalian... kemudian kita pun berjalan kerumah ku dan kita mulai masuk kedalam rumah keluarga ku... kemudian aku berkata... lisa arum inilah rumah yang menurut ku rumah terbaik dan penuh keramahan kedamaian... dengan spontan lisa menjawan... iya aryo.... aku merasakan hal itu di rumah mu... arum pun mengiyakan hal tersebut.

Gelap pun berlalu aku mengajak mereka pulang ke hotel untuk beristirahat yang di kagetkan mereka berdua serentak menjawab nanti aja pulangnya aku masih nyaman di sini... aku bertanya kira kira jam berapa kalian mau kembali ke hotel. Lisa pun menjawab boleh kah kami bermalam di rumah mu bersama keluarga mu ini... aku pun diam kemudian ibu ku menjawab boleh nak, kalian boleh bermalam di sini anggap aja rumah kalian sendiri nanti kalian bisa tidur bersama beberapa adik perempuan aryo kalo kalian minat... disitulah lisa menjawab mau banget bu... terimakasih bu atas keramahannya... tempat ini nyaman sekali buat di singgahin.

Sisa 2 hari lagi mereka harus pulang ke jakarta... lisa dan arum pun memutuskan untuk bermalam di desa ini sampai akhir masa tour mereka....dan lisa pun bilang ke aku untuk menemainya mengambil barang barang kami di hotel. Aku dan lisa pun berdua jalan menuju hotel dan dalam perjalanan kami saling bercerita tentang kehidupan kami. Kami mulai dekat dan bercanda layak nya kami sudah kenal lama dengannya.

Sesampai nya di desa ku mulai lah mereka kuajak berkeliling di desa ini menemui para tetangga bercanda bermain dengan anak anak kecil di sungai sampai waktu nya perpisahan mereka untuk pulang ke jakarta... saat itu pun tiba aku sebagai tanda terimakasih kepada mereka memberikan kain sulam karancang sebagai oleh oleh buat mereka. Sedih pun terasa di hati kami saat perpisahan kami di bandara... tapi apalah daya memang sudah waktunya habis... dan aku mengucapkan selamat tinggal kepada mereka.... lisa, arum sampai berjumpa lagi klo ingat mampir lah ke desa ku kembali lain waktu.

Hmmmm... waktu ke waktu berjalan aku tetap berkomunikasi dengan arum karena hanya arum yang saat itu bertukar kontak, dalam hati ini aku merasakan hal berbeda terhadap lisa aku kangen dia tapi ternyata arum lah yang mengungkapkan perasaan dia selama ini terhadapku. Aku pun menjawab arum... maaf arum bukan aku tak menyayangi mu tapi aku mencintai lisa teman mu, aku gak bisa membohingi perasaan ini dengan nada terpaksa lisa pun menyudahi komunikasi kami.

Waktu pun berlalu... dan dikagetkan sekali lisa pun berkunjung kekota dan desa ku tanpa melalui travel agent ku... dia datang dan bermain bersama adik adik ku ketika itu aku tidak tau kedatangan lisa di rumah ku di karenakan aku sedang menjamu salah satu tamu turis asing dari prancis....ketika semua selesai aku pun pulang kerumah dengan kaget ada lisa dirumah ku... hmmm .... kapan lisa dateng ke sini kok tidak mengabari kedatangan mu lisa.... lisa pun menjawab aku gak punya no kamu aku lupa meminta waktu itu.. aku kangen sekali sama suasana desa ini makanya aku datang kesini sendiri.

Hanya sendiri lisa... iya aryo aku datang sendiri ke sini... kamu kangen desa ini atau kangen aku sambil tesipu lisa menjawab... kangen kamu juga aryo....kita pun duduk di hamparan sawah dan bercerita kegiatan kita sampai akhirnya kita berpacaran dan memutuskan untuk menikah.... lisa pun meninggalkan jakarta dan tinggal di kota padang ini... kita sama sama buat usaha bareng dari nol... tanpa sedikitpun lisa membawa harta kekayaan dia di jakarta. Kita selalu berdoa semoga keluarga kita baik di setiap harinya.


Regards
Riyanto

Related Keyword : cerpen cinta romantis, cerpen cinta dan persahabatan, cerpen cinta segitiga, cerpen cinta pertama, cerpen cinta dalam hati, cerpen cinta sejati, cerpen cinta sedih, kumpulan cerpen cinta

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com