Pelajaran Mengenai Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Pelajaran Mengenai Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam - Cerita Hidup Kita

Pelajaran Mengenai Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam

Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam

Hai anak orang Indonesia, sudahkah kalian mengenali budaya asal wilayah tunggal? Sebelum mengenali budaya asal negeri lain, kenalilah dulu kebudayaan indonesia. okelah, berikut ini merupakan budaya alamat propinsi Nanggroe Aceh Darussalam :

Rumah Adat Aceh disebut Rumoh aceh

1. Hunian Adat

Rumah etika Aceh disebut Rumoh Aceh. hunian rutinitas Aceh dibuat permulaan kayu meranti dan bersituasi medan. memiliki 3 serambi adalah Seuramoe Keu (serambi depan), Seuramoe Inong (serambi tambah) dan Seuramoe Likot (serambi buntut) tidak hanya itu ada pun hunian etika konkret lumbung butir-butiran yg disebut Krong Pade atau Berandang.

2. Baju Adat

Pakaian etika yg dikenakan cowok Aceh merupakan pakaian jas bersama leher bersimbur (jas penghabisan) lancingan panjang yg dinamakan minim musang dan tekstil sarung yg dinamakan pendua. Kopiah yg dipakainnya dinamakan makutup dan sebilah rencong terkandung di depan perut.
Wanitanya menggunakan pakaian hingga kepinggul, lancingan panjang sedikit musang tengah tekstil sarung hingga tunduk. Perhiasan yg digunakan berwujud kalung yg dinamakan kula, pending atau ikat pinggang, gelang tangan dan gelang ceker. baju ini dipergunakan bagi kepentingan formalitas pernikahan.

3. Tari-tarian Aceh

Tari saman asal aceh

a. Tari Seudati, semenjak alamat arab dgn latar buntut akidah islam. satu buah gaya tari dinamis penuh keadilan bersama kesempatan keagamaan. jenis tari ini amat sangat disenangi dan populer di Aceh.

b. gaya tari Saman Meuseukat, dilakukan pada kedudukan sila berbanjar bersama falsafah kesusilaan, paling utama aliran keimanan islam.

c. gaya tari Pukat, ialah gaya tari yg menyimbolkan kehidupan sekitar penangkap ikan mulai sejak pelaksanaan pukat sampai memburu ikan.

d. Tari Rebana, yaitu tari rakitan yg memfokuskan kepada jurusan memainkan media musik "rebana" pada mengiringi gerak-gerak sigap spesial Aceh. Tari ini wajar ditampilkan dihadapan tamu-tamu agung.

(Tari Saman, salah tunggal gaya tari Aceh)

4. Senjata Tradisional

Senjata tradisional yg dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh yaitu rencong. Wilahan rencong terbuat asal logam dan rata rata bertuliskan ayat-ayat Al Quran. tidak cuma rencong, bangsa Aceh mempergunakan berulang pedang dgn merek pedang daun tebu, pedang oom ngom dan reudeuh. Pedang daun tebu difungsikan oleh pamglima perang dan reudeuh oleh segenap prajurit.

5. Marga

Suku dan keluarga yg terpendam di Aceh retakan lain : Aceh, Alas, Tamiang, Gayo, Ulu Singkil, Simelu, Jamee, Kluet, dan lain-lain.

6. Bahasa negara : Aceh, Alas, Gayo, dan lain-lain.

7. Lagu wilayah : Bungong Jeumpa, Piso Surit.

8. Objek-objek liburan di bermacam macam wilayah Aceh

Peta Wilayah Aceh

Tempat rekreasi - Kali ini kita bakal menelaah benda tur yg ada di propinsi Aceh. propinsi ini berdiri terhadap 7 Desember 1959 dgn basic undang-undang UU. 24/56. mulai sejak sumur Permendagri No. 66 th 2011. propinsi Aceh ialah propinsi yg letaknya ada sebelah kesudahan barat Indonesia. propinsi ini beribukotakan Banda Aceh bersama cacah masyarakat kurang lebih 4.500.000 keperkasaan. letak situs propinsi Aceh di sebelah Utara berbatasan dgn Teluk Benggala, di sebelah Barat berbatasan bersama Samudera Hindia, di sebelah Timur berbatasan dgn Selat Malaka juga di sebelah selatan dan tenggaranya berbatasan bersama Sumatera Utara. propinsi Aceh pada letaknya pada dgn negeri India adalah di Kepulauan Andaman dan Nikobar, lagi dipisahkan oleh Laut Andaman. Ada tidak sedikit sesuatu darmawisata yg mampu dikunjungi diberbagai wilayah propinsi, seperti tur alam, tamasya histori, liburan agama dan lain sebagainya.

Tsunami yg berlangsung di wilayah propinsi Aceh buat thn 2004 yakni bencana dan batu sandungan alam yg menumpas segala yg ada di Aceh. tidak sedikit kerusakan-kerusakan susah semula mangsa yg tunduk ketika alam mengguncang dan memporak-porandakan Aceh termasuk juga tempat-tempat wisatanya yg menyabet keburukan rumit. Namun, sampai kala ini Aceh pula bangkit dan menukar media dan prasarananya.

Peta kedudukan propinsi Aceh

Provinsi Aceh sudah menderita sekian banyak kali pemakaran negara sejak th 1999. Dan waktu ini ada 5 pemerintahan kota dan 18 kabupaten. Berikut ini ruangan tur yg dapat kamu jenguk di propinsi Aceh:

  1. Kabupaten Aceh Barat
  2. Kabupaten Aceh Barat Daya
  3. Kabupaten Aceh agung
  4. Kabupaten Aceh Jaya
  5. Kabupaten Aceh Selatan
  6. Kabupaten Aceh Singkil
  7. Kabupaten Aceh Tamiang
  8. Kabupaten Aceh Tengah
  9. Kabupaten Aceh Tenggara
  10. Kabupaten Aceh Timur
  11. Kabupaten Aceh Utara
  12. Kabupaten Bener Meriah
  13. Kabupaten Bireuen
  14. Kabupaten Gayo Lues
  15. Kabupaten Nagan Raya
  16. Kabupaten Pidie
  17. Kabupaten Pidie Jaya
  18. Kabupaten Simeulue
  19. Kota Banda Aceh
  20. Kota Langsa
  21. Kota Lhokseumawe
  22. Kota Sabang
  23. Kota Subulussalam
Related Keyword : adat istiadat aceh, makalah kebudayaan aceh, kebudayaan masyarakat aceh, adat dan budaya aceh, artikel kebudayaan aceh, kebudayaan sumatera utara, bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan nasional indonesia, pakaian adat nanggroe aceh darussalam

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com