Belajar Mengenai Kamera DSLR Simple Aperture Teknik Foto Terbaru 2017 | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Belajar Mengenai Kamera DSLR Simple Aperture Teknik Foto Terbaru 2017 - Cerita Hidup Kita

Belajar Mengenai Kamera DSLR Simple Aperture Teknik Foto Terbaru 2017

Exposure Kamera DSLR

Tugas utama fotografer adalah mengendalikan exposure. yang dimaksud dengan exposure adalah aksi membuat sebuah foto, dan juga berarti kuantitas cahaya yang jatuh ke film atau sensor gambar yang terletak di dalam kamera. exposure akanm menentukan seberapa terang atau gelap hasil foto.

Exposure Kamera DSLR Long Road

Fotografer dapat mengendalikan kuantitas cahaya yang masuk kedalam kamera dengan mengendalikan beberapa variabel yaitu : Aperture (bukaan lensa), Shutter Speed (kecepatan rana), dan ISO (sensitivitas sensor imaji kamera). kombinasi dari ketiganya akan menentukan gelap terang sebuath foto.

Dalam Pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Aperture/ Bukaan/ Diagfragma

Aperture/ Bukaan/ Diagfragma


Aperture adalah lubang bukaan di lensa tempat cahaya masuk ke kamera. Semakin Besar bukaan, maka banyak juga cahaya yang masuk. dalam praktiknya, jika ingin foto lebih gelap, kita bisa menutup bukaan, sebaliknya jika kita ingin hasil foto lebih terang, kita bisa membukannya lebih lebar. Aperture bisa dibayangkan sebagai tirai jendela. semakinm lebar kita membuka tirai, semakin banyak cahaya yang masuk.


selain merupakan salah satu cara mengendalikan cahaya yang masuk, bukaan digunakan juga untuk mengendalikan ruang tajam (Depth of Field/DOF). yang dimaksud dengan ruang tajam adalah daerah yang terlihat tajam (jelas) di depan dan belakang subjek yang di fokuskan.

kita mengatakan ruang tajam nya sempit jika daerah yang terlihat tajam meliputi daerah yang tipis. misalnya, foto yang latar belakangnnya sangat blur. sebaliknya, kita mengatakan ruang tajamnya luas, jika daerah yang terlihat tajam meliputi daerah yang luas. misalnya, dalam foto yang dari latar depan sampai latar belakangnnya terlihat tajam (jelas)

Diagfragma

Semakin besar bukaan, ruang tajam semakin sempit, sehingga bagian yang tidak fokus akan terlihat blur. sebaliknya, semakin kecil bukaan, ruang tajam menjadi luas, sehingga bagian yang tajam menjadi luas.

hal yang unik dan sering membingungkan pemula adalah penamaan dalam pengaturan bukaan. hal ini disebabkan karena angka yang tertera teralik dengan besarnya bukaan lensa. satuan bukaan dimulai dengan huruf "F". angka yang kecil berarti bukaannya besar, angka besar berarti bukaan kecil. Contoh : f/1.4, f/2, f/4, f/5.6, f/8, f/16 dan seterusnya. f/1.4 lebih besar dua kali lipat daripada f/2. dalam fotografi, perbedaan antara f/1.4 dengan f/2 disebut 1 Stop.

penamaan dalam pengaturan bukaan pada kamera

Rentang bukaan yang bisa dipilih berbeda-beda, tergantung dari lensa kamera yang dipakai. sebagaian besar lensa kit (lensa yang biasanya dipaketkan dengan kamera saat membeli) memiliki bukaan maksimum sekita f/3.5 sampai f/5.6. sebagaian besar lensa zoom memliliki maksimum bukaan yang bervariasi, tergantung dari jarak focus/ zoom yang disetel. misalnya, saat kita menempatkan zoom lensa di 18mm, maka maksimum bukaannya adalah f/3.5, tetapi seiring kita zoom-in ke 55mm, maka bukaan maksimalnya berubah menjadi f/5.6.

Related Keyword : what is shutter speed in camera, aperture and shutter speed, what is aperture in photography, aperture examples, aperture depth of field, aperture settings, aperture priority, iso in photography

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com