Mengenal Jenis dan Desain Kamera DSLR Terbaru 2017 | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Mengenal Jenis dan Desain Kamera DSLR Terbaru 2017 - Cerita Hidup Kita

Mengenal Jenis dan Desain Kamera DSLR Terbaru 2017

Desain Kamera

Selain perbedaan ukuran sensor gambar, kamera juga bisa dibedakan berdasarkan desainnya. saat ini, beberapa model kamera populer antara blain :
Kamera Rangerfinder

Jenis kamera yang memiliki jendela bidik terpisah dan jendela bidik tersebut digunakan untuk mekanisme fokus. apa yang dilihat pada jendela bidik kamera rangerfinder tidak sama dengan apa yang dilihat film/ sensor, sebagai akibatnya, hasil akhir gambar tidak sama dengan yang diintip melalui jendela bidik. hal ini sangat ketara ketika memotret dari jarak dekat. mungkin karena itulah, kamera rangerfinder yang sempat populer tahun 1930 - 1970 ditinggalkan oleh penggunanya yang beralih ke kamera SLR. contoh kamera rangerfinder digital era sekarang yaitu Leica M.

Leica M

Kamera SLR dan DSLR

Kamera SLR (Single Lens Reflex) atau sering disebut juga digital SLR (DSLR), adalah kamera yang memiliki sebuah lensa dan cermin. dengan cermin yang diarahkan 45 derajat, fotografer bisa melihat pandangan yang sama persis dengan gambar yang akan dihasilkan kamera melalui jendela bidik. saat cermin dan lensa dibuka, permukaan sensor atau film akan diterangi cahaya dan gambar akan terbentuk.

Ciri utama kamera SLR adalah memiliki prisma/ cermin di jendela bidiknya sehingga cukup menonjol seperti sebuah punuk. hal ini membuat ukuran kamera SLR menjadi relatif lebih besar dibandingkan kamera jenis rangerfinder, kamera mirrorless atau saku.

Kamera jenis SLR terkenal dari tahun 1950 sampai saat ini dan banyak digunakan dari kalangan amatir sampai profesional karena kinerja auto fokus dan kelengkapan lensanya yang komplit.  Selain itu, aksesoris dan lensa kamera SLR juga cukup lengkap dan tersedia di pasaran. contoh model kamera DSLR yaitu; 650D, Canon 1D X, Nikon D7100, Nikon D4, Pentax K5, Olympus E-5 dan Sony A900.

Kamera Compact / Pocket / Saku

Kamera compact atau kamera saku biasanya sudah sepaket dengan lensa yang tidak bisda diganti-ganti, dan menggunakanlayar LCD untuk membikai gambar. ukurannya lebih kecil daripada kamera DSLR. Contoh, Kamera saku antara lain Panasonic LX7, Canon IXUS, Pentax Optio dan sebagainya. kamera compact beberapa tahun belakangan ini mengalami penurunan popularitas karena kualitas foto dari kamera ponsel yang semakin meningkat. beberapa orang bahkan mengakui bahwa kamera bidikan ponsel iphone 4S lebih baik dari sebagian besar kamera saku yang ada.

ada juga kamera compact canggih yang memungkinkan kita untuk mengatur exposure secara manual dan dapat menyimpan foto dengan format RAW. kamera inin cukup diminati oleh fotografer serius yang membutuhkan kamera berukuran kecil untuk disimpan di kantong dan mudah dbawa kemana-mana. contohnya kamera Canon S100, Sony RX100.

Kamera Prosumer

Kamera Prosumer/ super zoom secara bentuk mirip dengan kamera DSLR, tapi secara kualitas fotonya lebih menyerupai kamera saku karena berisi sensor gambar yang relatif kecil dibandingkan kamera DSLR. Keunggulan dari kamera prosumer adalah memiliki lensa dengan kemampuan zoom yang sangat jauh. sehingga memudahkan untuk memotret subjek dari jarak puluhan meter.

Kamera Mirrorless/ Compact System Camera


Sony NEX 5
Kamera Sony NEX 5 Menawarkan Badan Kamera dan Lensa Yang Relatif Kecil
Kamera mirrorless memiliki ciri-ciri yang mirip dengan DSLR, yaitu memiliki Sensor Gambar yang relatif besar dan bisa ganti-ganti lensa. Bentuknya Lebih Kecil dari kamera DSLR karena tidak memiliki prisma dan cermin. saat ini kamera mirrorless sudah mulai berkembang dan diminati orang-orang. karena banyak yang ingin mendapatkan foto kualitas setara hasil kamera DSLR tapi merasa kamera DSLR terlalu berat dan besar.

Related Keyword : harga kamera medium format, pengertian kamera medium format, ciri-ciri kamera medium format dslr, harga kamera medium format digital, jual kamera medium format, contoh kamera medium format, jenis kamera medium format dslr, kamera large format

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com