Mengenal Fungsi Mode Dan Pengertian Pada Kamera DSLR | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Mengenal Fungsi Mode Dan Pengertian Pada Kamera DSLR - Cerita Hidup Kita

Mengenal Fungsi Mode Dan Pengertian Pada Kamera DSLR

MODE KAMERA

MODE KAMERA

Auto/ Full Auto= Mode Otomatis

Kamera akan mengukur cahaya lingkungan (ambient) yang ada, menginterprestasikannya dan kemudian mengatur bukaan shutter speed dan iso secara otomatis. ketika kamera merasa kondisi cahaya gelap, maka kamera akan otomatis menyalakan lampu kilat untuk mengkompensasi kekurangan cahaya tersebut. mode otomatis praktis digunakan kapan saja, tapi menggunakan mode ini berarti anda kurang bisa mengendalikan pengaturan kamera untuk fotografi kreatif. Misalnya untuk membuat latar belakang menjadi blur, menghaluskan air terjun, atau merekam gerakan cahaya.

beberapa mode di bawah ini sering disebut dengan mode Semi-Otomatis karena sebagian pengaturan ditentukan fotografer, sisanya ditentukan oleh kamera.

P = Program Mode

Seperti mode otomatis, kamera akan menentukan bukaan, Shutter Speed secara otomatis. bedanya dengan mode auto di atas adalah, anda bisa mengubah kombinasi nilai bukaan dan shutter speed di kamera. ISO juga bisa ditentukan secara independen. di mode ini, kamera tidak akan menyalakan lampu kilat meskipun kondisi lingkungan cukup gelap, dan kita bebas mengatur beberapa pengaturan kamera lainnya seperti white balance dan kompensasi eksposur.

A / AV = Aperture Priority

di mode ini, kita menentukan besarnya bukaan lensa, lalu kamera menentukan shutter speed (kecepatan) dan ISO yang sesuai. mode ini termasuk mode Favorit saya, karena mempermudah saya untuk menentukan ruang tajam. contoh, jika sedang memotret foto portrait, dan saya ingin latar belakangnya kabur, maka saya akan menyetel bukaan besar seperti f/2.8 atau f/1.4. sedangkan kalau saya sedang memotret foto group atau pemandangan, dan saya ingin semua yang berada dalam foto terlihat tajam (berada dalam fokus), maka saya set bukaan f/8 atau f/16. kamera akan menentukan shutter speed yang sesuai supaya terang dan atau gelapnya pas. Dengan mengendalikan bukaan saya tidak perlu repot-repot menentukan Shutter Speednya.

S / TV = Shutter Priority

Di mode ini, kita menentukan beberapa cepat shutter speed, lalu kamera akan menentukan bukaan. pengaturan ini di pakai kalau kita ingin mendapatkan efek freeze (beku) atau efek motion (gerak). maka gerakan orang atau benda yang sedang bergerak menjadi beku. sebaliknya, kalau kita tentukan 1/ 15 detik atau lebih rendah lagi maka akan menangkap motion bkur. teknik ini cocok untuk merekam gerakan air di pantai, gerakan air terjun, ataupun merekam cahaya mobil yang lewat di malam hari. seperti aperture, shutter speed juga mempengaruhi banyak/ sedikitnya cahaya masuk.

M = Manual Exposure

di mode ini, kita menentukan sendiri pengaturan bukaan dan shutter speed. manual mode biasanya saya pakai ketika ingin menghasilkan hasil foto dengan pencahayaan yang cukup unik, atau saat saya menggunakan lampu kilat. contohnya, saat saya ingin nuansa foto gelap,  seperti membuat siluet atau pemandangan matahari terbit/ terbenam.

manual juga sering saya pakai kalau kondisi cahaya lingkungan konstan atau tidak berubah. misalnya ketika pertandingan basket sekolah di dalam ruangan. lampu-lampunya menghasilkan terang/ gelap yang konstan. pada saat seperti itu, saya tinggal menentukan bukaan, kecepatan, dan ISO sebelum Pertandingan dimulai. hasil foto akan konsisten terang-gelapnya dan saya dapat memakai mode ini sepanjang pertandingan. mudah bukan?

Mengenal Mode Kamera


Catatan Tentang ISO

Setting ISO

Sekarang kita bicara tentang nilai ISO. ISO bisa diatur oleh kita atau disetel ke auto ISO(kecuali mode FULL AUTO). saat auto ISO diaktifkan, kamera akan menentukan nilai ISO secara otomatis. di beberapa kamera tahun terakhir ini, kita bisa menentukan nilai ISO maksimum yang bisa dipilih oleh kamera. tujuan pengaturan ini biasanya untuk mempertahankan kualitas foto dan mencegah timbulnya Noise.

Ada juga kamera yang bisa menentukan batas minimum shutter speed. biasanya, tujuannya untuk memilih shutter speed minimum untuk mencegah foto blur karena getaran tangan kita terekam ke dalam kamera atau untuk membekukan subjek foto bergerak.

Related Keyword : mode pada kamera dslr canon, memahami mode program kamera dslr, pengaturan kamera dslr canon, mode kamera dslr canon 700d, fungsi mode dial pada kamera, menu kamera dslr canon, pengertian mode kamera, dial mode canon

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com