Mengenal dan Menggunakan Kamera DSLR Dengan Mudah Untuk Pemula | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Mengenal dan Menggunakan Kamera DSLR Dengan Mudah Untuk Pemula - Cerita Hidup Kita

Mengenal dan Menggunakan Kamera DSLR Dengan Mudah Untuk Pemula

Belajar Mengenal Kamera

Kamera berasal dari bahasa latin "camera obscura", yang berarti ruang gelap. istilah ini didapatkan dari sejarah fotografi dari abad ke 11. saat ini, kamera dikenal sebagai kotak kedap cahaya yang berisi permukaan peka cahaya yang berfungsi untuk membuat gambar. di dunia fotografi digital, permukaan tersebut disebut sensor gambar (image sensor). dikamera film tentunmya dinamakan film.

di depan kamera, didudukan lensa yang berfungsi sebagai saluran untuk masuknya cahaya. di dalam kamera, terdapat mekanisme untuk mengendalikan intensitas dan durasi cahaya yang masuk.

Jenis kamera dilihat dari perbedaan ukuran sensor gambar:

Di era fotografi digital, jenis kamera terbagi berdasarkan ukuran sensor gambarnya. ada kamera yang bersensor relatif besar dan ada juga  yang kecil. contoh, kamera yang bersensor kecil yaitu kamera di telepon selular dan kamera saku. sedangkan, contoh kamera yang bersensor relatif besar adalah kamera DSLR, mirror less, rangefinder, medium format dan large format.

besarnya sensor gambar kamera sangat mempengaruhi kualitas foto. kamera bersensor besar mampu menangkap lebih banyak detail dan mampu menyerap lebih banyak cahaya. Hasil foto yang direkam ISO tinggi (biasanya di kondisi cahaya yang gelap) akan lebih berkualitas daripada bila direkam dengan kamera bersensor kecil.

Selain kualitas foto, besarnya sensor kamera juga memperngruhi besarnya ruang tajam atau bagian atau bagian foto yang "tajam dan kabur". semakin besar sensor kamera, semakin tipis ruang tajamnya. maka itu, bagian yang tidak fokus pada foto terlihat lebih "kabur" daripada hasil foto kamera bersensor kecil. contohnya, lebih mudah membuat latar belakang blur dengan kamera DSLR daripada kamera saku/ Ponsel.

Nokia Pureview Resolusi 41 Mega Pixel
Nokia Pureview Resolusi 41 Mega Pixel dengan Ukuran Sensor Yang sangat Kecil
Belakangan ini, berkembang sistem kamera mirror-less atau tanpa cermin. kamera sejsni ini berukuran lebih kecil dan tipis dari kamera DSLR tapi memiliki ukuran sensor yang relatif sama besar dan bisa menukar lensanya. kamera semacam ini sedang tren di kalangan fotografer amatir maupun pro yang ingin menggunakan kamera dengan ukuran badan fisik yang kecil. saat ini, ada kelebihan dan kekurangan sistem kamera ini dibandingkan kamera DSLR dan kamera saku. plus minu sistem ini akan di bahas kemudian hari.

Sensor Kamera

Meskipun ada perbedaan kualitas foto, kamera berukuran kecil seperti kamera saku atau selular cukup populer karena ringan dan kecil, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Related Keyword : cara menghidupkan kamera canon, cara memotret dengan kamera dslr, cara menggunakan kamera canon 1200d, cara menggunakan dslr pemula, fungsi tombol pada kamera dslr, cara menggunakan kamera dslr nikon, cara menggunakan kamera dslr canon 600d, cara menggunakan kamera dslr canon 1100d

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com