Mengenal Kompensasi dan Fungsi Exposure Pada Kamera DSLR | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Mengenal Kompensasi dan Fungsi Exposure Pada Kamera DSLR - Cerita Hidup Kita

Mengenal Kompensasi dan Fungsi Exposure Pada Kamera DSLR

Kompensasi Exposure

Kompensasi Exposure

Jika anda menggunakan pengaturan otomatis atau semi otomatis di kamera digital, maka prosesor di dalam kamera akan berusaha menerjemahkan pemandagan yang ada, kemudian mengatur setting yang optimal untuk pemandangan tersebut.

di banyak kesempatan, mode otomatis memang berkerja sesuai dengan keinginan kita. tapi di beberapa situasi lainnya, kamera gagal memahami apa yang kita inginkan. misalnya, jika pemandangan yang mau diambil didominasi oleh warna putih/terang. seperti salju, baju pengantin wanita, latar belakang putih dan sebagainya, biasanya hasil foto akan tampak abu-abu atau lebih gelap daripada aslinya.

sebaliknya bila pemandandangan yang ada di dominasi dengan warna hitam seperti di dalam cafe yang termaam, suasana api unggun, atau malam yang diterangi cahaya lilin hasil foto biasanya lebih terang daripada kondisi cahaya yang sebenarnya.

untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai, kita dapat menggunakan fungsi tombol kompensasi eksposure (exposure compensation)

cara menggunakannya sangat sederhana. bila ingin hasil foto menjadi lebih terang, anmda bisa menaikkan nilai kompensasi eksposur sebesar +0.3, 0.7 sampai sampai +2 atau lebih. sebaliknya, bila anda ingin hasil foto menjadi lebih gelap, anda tinggal turunkan nilai kompensasi eksposure tersebut.

ketika kita menaikkan atau menurunkan nilai kompensasi eksposure kamera akan secara otomatis mencari eksposur (bukaan, shutter speed, ISO) yang sesuai. fungsi ini hanya berlaku bila mode kamera yang aktif adalah program (P) shutter priority (S/Tv), aperture Priority (A/Av)dan tidak berlaku untuk mode manual.

jika menggunakan mode semi otomatis seperti shutter priority (S/Tv), kamera akan mencari nilai bukaan yang sesuai. demikian juga sebaliknya, bila kita menggunakan mode aperture priority (Av/A), maka kamera akan mencari nilai shutter speed yang sesuai.

menariknya, fungsi ini bisa anda temukan dari kamera saku yang murah sampai kamera DSLR yang canggih. untuk pemakai kamera saku yang tidak memiliki fungsi manual, fungsi ini menjadi penmting karena anda bisa mengatur besarnya cahaya yang masuk layaknya seperti kamera dengan fungsi manual.

Setelah mengubah nilai kompensasi ekspour, jangan lupa mengembalikan nilainya ke nol, karena bisa mempengaruhi gelap terangnya foto yang diambil selanjutnya.

Related Keyword : fungsi exposure pada kamera, cara menggunakan kamera nikon d7000, segitiga exposure dalam fotografi, cara mengatur exposure, fungsi tombol pada kamera nikon d7000, belajar exposure, pengertian exposure dalam manajemen risiko, fungsi exposure pada kamera dslr

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com