Jenis Jenis Lensa Kamera Lebar dan Fungsinya Yang Wajib Diketahui | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Jenis Jenis Lensa Kamera Lebar dan Fungsinya Yang Wajib Diketahui - Cerita Hidup Kita

Jenis Jenis Lensa Kamera Lebar dan Fungsinya Yang Wajib Diketahui

Lensa Lebar

tidak ada ukuran yang baku tentang batasan lensa lebar, tapi secara umum, sebuah lensa tergolong kategori lensa lebar apabila memiliki jarak fokus kurang lebih 10 sampai 24 mm (16-35 mm dalam format 35 mm/ full frame). jika lebih sempit dari itu, termasuk lensa standar atau lensa telefoto.

jika anda memiliki kamera DSLR, kemungkinan besar anda memiliki lensa lebar. dalam setiap pembelian kamera baru biasanya kita mendapatkan lensa 18 - 55 mm (setara dengan 27-88 mm dalam kamera format 35 mm). jadi jarak fokus 18/ sampai 24 mm termasuk kategori lensa lebar.

Lensa Lebar Sigma


Sudut Pandang

Saya memulai fotografi ketika kuliah. saat itu saya berpartisipasi di koran kampus. saya secara rutin ditugaskan untuk mendokumentasikan acara di sekita kampus. karena ruang halaman koran yang terbatas, saya harus mengambil satu atau dua foto yang dapat menceritakan acara tersebut. oleh karena itu, dengan mengambil gambar sudut lebar saya dapat memasukkan banyak informasi dalam satu atau dua foto.

kemudian, saya menemukan, kita bisa memperoleh sudut pandang yang menarik dengan menggunakan lensa sudut lebar. dengan lensa lebar, kita bisa membuat foto yang menyiratkan tiga dimensi. perubahan ukuran dan jarak antara subjek foto yang satu dengan yang lain, jelas dan signifikan. orang yang melihat foto tersebut akan merasa seperti berada atau menyaksikan acara secara langsung. maka dari itu, lensa lebar populer untuk fotografi pemandangan.

Ruang Tajam

Secara teknis, mengambil gambar denmgan sudut lebar juga memberikan beberapa manfaat. pertama, ruang tajam lebih luas daripada kita menembak di sudut normal atau telefoto. ini sangat membantu ketika kita mengambil foto kelompok orang dalam situasi cahaya yang redup. karena dengan bukaan yang lebih besar daripada lensa telefoto, kita bisa mendapatkan foto yang tajam dari ujunmg ke ujung.

Karena jarak fokus yang pendek, kita dapat mengambil foto dengan shutter speed lebih lambat dan masih mendapatkan gambar yang tidak blur bila subjek tidak bergerak. sebagai contoh, ketika mengambil gambar di 28 mm, kita bisa memotret dengan kecepatan 1/30 detik tanpa blur. dengan teknologi stabilitas gambar (IS, VR, OS, dll), anda bahkan bisa membuat foto dengan shutter speed yang lebih lambat lagi.

Hal ini membantu mengumpulkan cahaya lebih banyak. di sisis lain, jika mengambil gambar dengan lensa telefoto seperti 100 mm, kita membutuhkan setidaknya 1/100 atau 1/160 detik untuk menjaga foto bebas dari blur akibat goyangan kamera.

Tantangan

Jika digunakan secara tidak tepat, lensa sudut lebar dapat membuat distorsi yang tidak diinginkan. wajah bisa lebih lebar dan hidung menjadi lebih dari kenyataan. ketika membuat foto pemandangan, pemotretan di sudut lebar rentan terhadap flare (pantulan cahaya) dan penyimpangan warna (chromatic abberation).

Barrel Distorsi

Tapi mungkin kesalahan yang dibuat pemula adalah memasukkan latar belakang yang terlalu banyak, sehingga mengalihkan perhatian pemirsa dari subjek utama. akibatnya, subjek yang dipotret menjadi terlihat kecil. hal semacam ini bisa dihindari dengan mendekati subjek foto atau menggunakan lensa dengan jarak fokus yang lebih panjang/ telefoto.

Tetapi ketika kita mendekati subjek, sudut pandang akan berubah secara dramatis dan distorsi akan muncul. jadi, perlu mencari posisi yang tepat untuk meminimalisir efek distorsi atau membuat distorsi bekerja untuk kita. misalnya, kita dapat menggunakannya untuk mengambil potret wajah anak-anak yang lucu.

Secara pribadi, saya pikir tantangan menggunakan lensa lebar adalah hal yang baik karena memaksa kita untuk menjadi seorang fotografer yang lebih baik. tantangan yang cukup akan membuat kita termotivasi dan meningkatkan kualitas fotografi anda. bila melakukannya dengan benar, niscaya foto kita akan lebih menonjol daripada hasil fotografer yang lain.

x
Serba Guna

Situ Cicerem Pengambilan Gambar Dengan ISO 100
Situ Cicerem - Jawa Barat, Pengambilan Gambar Dengan ISO 100
Terakhir, memotret dengan sudut lebar menarik karena sifatnya yang serbaguna, kita dapat menggunakannya untuk foto pemandangan, fotografi jurnalisme, foto pernikahan dan arsitektur. banyak pilihan lensa sudut lebar yang tersedia di pasaran, termasuk lensa kit yang dibundel bersamaan dengan kamera DSLR. jika anda memiliki lensa tersebut, saya sarankan untuk berlatih mengambil foto dengan lensa lebar.

Related Keyword : jenis lensa kamera dan fungsinya, harga lensa kamera dslr, jenis lensa kamera canon, jenis lensa kamera dslr dan hasilnya, jenis jenis lensa fisika, lensa kamera hp jepit, lensa kamera nikon, lensa zoom

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com