Mengetahui Teknologi Digital Pada Lensa Lensa Kamera DSLR | Cerita Hidup Kita Cerita Hidup Kita Mengetahui Teknologi Digital Pada Lensa Lensa Kamera DSLR - Cerita Hidup Kita

Mengetahui Teknologi Digital Pada Lensa Lensa Kamera DSLR

Teknologi IS
Sejak lima tahun yang lalu, teknologi image stabilization (peredam getar) mulai dikembangkan dan diikutsertakan dalam lensa. Teknologi ini sangat membantu terutama untuk mencegah foto menjadi kabur saat mengunakan shutter speed rendah akibat kamera bergoyang.

Teknologi ini cukup berguna, terutama untuk lensa telefoto, tapi teknologi ini juga membuat lensa menjadi lebih mahal dan sedikit lebih berat. Meski bersifat seperti pengganti tripod, tapi teknologi ini masih cukup jauh dalam menggantikan fungsi tripod.

Teknologi auto-focus
Teknologi auto-focus lensa juga semakin berkembang. Dahulu auto- focus, terutama untuk lensa zoom lambat, tidak akurat dan menimbulkan bunyi yang mengganggu saat diaktifkan, namun sekarang lensa auto- focus menjadi lebih cepat, akurat, dan tidak bersuara.

Lensa di era fotografi digital - tidak semua lensa sama
Pada era sebelum kamera DSLR, lensa dirancang khusus untuk memuat film berformat 35mm//u// frame. Tapi di era kamera DSLR, banyak yang memiliki sensor gambar lebih kecil dari ukuran film kamera 35mm. Maka dari itu, banyak produsen lensa yang membuat lensa berdiameter lebih kecil untuk menghemat ongkos produksi dan menekan harga jual.

Salah satu Contoh lensa EF-S Canon 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM
Lensa-lensa yang berukuran lebih kecil ini mempunyai harga lebih murah, tapi tidak cocok digunakan untuk kamera bersensor full-frame atau kamera film analog. Tapi, lensa kamera analog atau full-frame bisa dipakai di kamera DSLR yang bersensor lebih kecil. Hal ini karena diameter lensa yang besar mampu menutupi semua bagian sensor gambar atau film.

Maka dari itu, jika Anda berencana untuk mengunakan kamera full- frame atau kamera film berdampingan dengan kamera digital, lebih bijak memilih lensa yang cocok.


Selain perbedaan ukuran diameter lensa, lensa-lensa modern untuk DSLR banyak yang tidak memiliki cincin untuk mengatur bukaan, sehingga pengaturan bukaan harus dilakukan melalui kamera digital.

Subscribe to receive free email updates:

LifeRiyanto.com